Semboyan YPUH


MELALUI YPUH KITA WUJUDKAN KESATUAN PEMAHAMAN UMAT HINDU BERDASARKAN WEDA


tab

Senin, 09 Januari 2012

SEKILAS TENTANG YPUH

  1. LATAR BELAKANG
Di masa yang penuh persaingan mencari nafkah untuk kebutuhan hidup saat ini, banyak umat Hindu terutama di Bali yang mengalami kesulitan melaksanakan kegiatan agama seperti yang dilakukan secara turun temurun. Kesulitan itu tidak saja disebabkan oleh hambatan finansial, tetapi juga hambatan waktu. Secara finansial, upacara agama Hindu di Bali menurut kebiasaan sering menghabiskan biaya besar yang sering tidak terjangkau oleh pendapatan umat saat ini. Dari sisi waktu, umat Hindu di Bali sering dihadapkan pada dua pilihan yang berlawanan. Kalau memilih melaksanakan atau mengikuti upacara agama menurut kebiasaan yang sering menghabiskan waktu berhari-hari, berarti mereka harus meninggalkan pekerjaan dengan segala konsekuansinya. Sedangkan kalau memilih tidak melaksanakan atau tidak mengikuti uapacara agama menurut kebiasaan, mereka adakalanya dikucilkan oleh lingkungan atau paling tidak merasa terasingkan. Kesulitan itu dapat menyebabkan umat Hindu berkurang Sradha Bhaktinya atau kehilangan kesempatan ekonomi. Untuk membantu umat Hindu menghadapi situasi demikian   di Singaraja telah didirikan Yayasan Pengayom Umat Hindu (YPUH).

2. MAKSUD DAN TUJUAN YPUH
Yayasan Pengayom Umat Hindu adalah sebuah yayasan yang didirikan untuk memberikan pengayoman dan fasilitasi bagi umat Hindu, terutama berkaitan dengan peningkatan Sradha dan Bhakti menurut Tatwa agama Hindu. Melalui peningkatan Sradha dan Bhakti menurut Tatwa,  diharapkan umat Hindu meningkat keyakinannya dalam rangka mencapai tujuan hidup berdasarkan agama Hindu yaitu, kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di alam setelah kematian (Moksartam Jagadita ya Caiti Dharma).
Dalam upaya meningkatkan Sradha dan Bhakti umat Hindu, YPUH mendorong dan memfasilitasi umat Hindu untuk mendalami dan melaksanakan ajaran Hindu menurut Tatwa yang disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan individu  masing-masing, sehingga beragama Hindu tidak terasa sebagai beban. Dengan melaksanakan ajaran Hindu menurut Tatwa, diharapkan memberi petunjuk jalan bagi umat yang masih merasakan kebingungan, memberi pencerahan bagi umat yang merasakan kegelapan, dan meringankan umat yang merasa terbebani dalam melaksanakan ajaran agama Hindu.
3. RUANG LINGKUP KEGIATAN
Dalam upaya melaksanakan maksud dan Tujuan YPUH, kegiatan yang dilaksanakan meliputi bidang-bidang sebagai berikut.
a). Bidang Sosial
b) Bidang  Kemanusiaan
c) Bidang Keagamaan
4. KEANGGOTAAN
                Keanggotaan  YPUH bersifat terbuka bagi semua umat Hindu  berdasarkan  prinsip meyadnya.
5. PENGAYOMAN DAN FASILITASI YANG SUDAH DILAKSANAKAN YPUH
Fasilitasi yang telah dilaksanakan oleh YPUH untuk umat Hindu adalah:
a)      Melaksanakan pendidikan dan pelatihan agama Hindu dengan tujuan meningkatkan pemahaman Tatwa dan praktik Susila. Pendidikan dan pelatihan ini dilaksanakan dengan fasilitator intelektual dan Pendeta Hindu. 
a)    Memfasilitasi umat Hindu (yang memerlukan) dalam melaksanakan upacara agama. Upacara agama yang telah difasilitasi oleh YPUH adalah upacara ngaben, metatah, dan nyapu leger. Upacara yang difasilitasi dilaksanakan menurut Tatwa dengan biaya disesuaikan dengan kemampuan umat yang melaksanakan upacara. YPUH juga siap memfasilitasi semua jenis upacara agama Hindu yang diperlukan oleh umat Hindu. Upacara agama Hindu yang difasilitasi oleh YPUH selalu diisi dengan Dharma Wacana oleh intelektual Hindu yang memahami makna upacara yang dilaksanakan menurut Tatwa, sehingga umat (Yajamana) paham akan makna dan yakin dengan upacara yang dilaksanakan. Kemudian dilanjutkan dengan Lokapalasraya yang dilakukan oleh Pendeta Hindu yang telah bergabung bersama YPUH, sebagai pemuput upacara, yang diharapkan lebih memantapkan keyakinan umat
        Fasilitasi yang telah dilakukan oleh YPUH mendapat respons yang baik dari umat Hindu karena  dari sisi waktu tidak banyak mengganggu aktivitas umat (Yajamana). Secara finansial biayanya disesuaikan dengan kemampuan. Sebagai contoh, upacara ngaben cukup dengan biaya Rp 3.000.000,- (tiga Juta Rupiah) kalau Yajamana memang menghendaki demikian. YPUH juga pernah membiyayai upacara ngaben umat yang memang tidak mampu. Respons yang paling banyak adalah permintaan untuk memfasilitasi upacara ngaben menurut Tatwa dengan biaya ringan sesuai kemampuan umat.
6. BERYADNYA BERSAMA YPUH
                Dalam upaya mewujudkan  tujuan umat Hindu, YPUH membuka diri bagi seluruh umat Hindu untuk beryadnya bersama YPUH dengan jalan.
a)       Umat Hindu yang merasa kesulitan dalam melaksanakan sradha bhakti dan  beryadnya  silahkan memanfaatkan fasilitasi yang disediakan oleh YPUH.
b)       Umat Hindu yang memiliki kemampuan baik material maupun pemikiran dan tenaga mari beryadnya melalui YPUH memfasilitasi ,membantu umat yang membutuhkan.